Lembar Kerja Peserta
Didik |
|||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||
|
|
SMK NEGERI 1 BATUDAA |
|
||||||||||||||||||||||||||
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INFORMATIKA |
|
||||||||||||||||||||||||||||
Kelas X |
EKOSISTEM PERIKSA FAKTA |
60 menit |
|
||||||||||||||||||||||||||
Semua Program |
LKPD |
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
Materi Ajar : Ekosistem Periksa Fakta Kelas : X … Nama Kelompok : 1. ……………….. 2. ……………….. 3. ……………….. 4.
……………….. A. Capaian Pembelajaran Pada akhir fase
E, peserta didik mampu memahami
penggunaan mesin pencari dengan variabel yang lebih banyak, mengetahui ekosistem periksa fakta
untuk memilah fakta dan bukan, menggunakan cara membaca lateral untuk
mengevaluasi berbagai informasi digital,
memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk
membuat laporan, presentasi, serta
analisis dan interpretasi data, mampu
memahami konsep dan penerapan serta
konfigurasi keamanan dasar untuk konektivitas jaringan data lokal dan internet
baik kabel maupun nirkabel, memahami pemanfaatan media digital untuk produksi
dan diseminasi konten, partisipasi dan kolaborasi; mampu menghargai hak atas
kekayaan intelektual, mengenal profesi bidang Informatika,. B. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu mengetahui ekosistem periksa fakta untuk memilah fakta dan bukan C. Alat dan Bahan Komputer/laptop/HP, aplikasi presentasi, aplikasi pengolah
kata, jaringan internet D. Materi 1. Materi artikel : https://retiabdullah.blogspot.com/2024/10/materi-ajar-informatika-fase-e.html 2. Materi Visual/: https://youtu.be/KjxCGWfPnM4?si=DxgKYiiARF0OZdwL E.
Langkah Kerja 1.
Baca materi atau
artikel dan video 2.
Carilah 4 informasi/ berita
dengan tema informatika untuk masa depan dari 2 jenis media media sosial yang
berbeda. 3.
Tuliskan bagaiman cara kalian memverifikasi dari 2 berita
yang kalian dapatkan tersebut! 4.
Tuliskan bagaimana cara kalian melaporkan berita
hoaks! 5.
Buatlah presentasi dalam bentuk power point atau dokumen word,
yang menjelaskan tentang permasalahan yang dicari solusinya 6.
Dalam membuat dokumen/presentasi power point, semua anggota
kelompok diwajibkan terlibat aktif dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan guru
7.
Alokasi waktu mengumpulkan data/informasi dan membuat presentasi
20 menit F.
Penyajian Hasil Diskusi 1. Carilah 4 informasi/ berita dengan tema informatika untuk masa
depan dari 2 jenis media media sosial yang berbeda. Tuliskan jawaban pada
tabel berikut: a.
Tuliskan bagaimana cara
kalian memverifikasi dari
2 konten yang
kalian dapatkan tersebut! Tuliskan jawaban pada tabel berikut:
b.
Dari data pada soal nomor
a, tuliskan bagaimana cara kalian melaporkan berita hoaks? Tuliskan pada
tabel berikut:
Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………… |
|
PETUNJUK
PRESENTASI
1.
Moderator
membuka acara presentasi hasil karya di
awali dengan salam dan memperkenalkan anggota kelompoknya
2.
Moderator
menjelaskan tata cara presentasi (pebagian waktu penyajian, sesi tanya jawab,
dan menyimpulkan)
3.
Penyaji
menyajikan/mempresentasikan hasil karya berupa solusi dari masalah
berdasarkan diskusi dalam kelompok yaitu
tampilan berupa Power Point
4.
Proses
tanya jawab dibuka oleh moderator dan setiap pertanyaan dicatat oleh notulen
5.
Setiap
pertanyaan dijawab baik oleh Penyaji maupun dari anggota yang lainnya
6.
Notulen
membacakan kesimpulan hasil dari presentasi
7.
Moderator
menutup kegiatan presentasi/penyajian hasil karya dengan mengucapkan salam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar